Posted in TUGAS

Kunjungan Museum Planetarium

1494300816250.jpg

Dalam rangka untuk memenuhi tugas softskill Matematika & Ilmu Alamiah Dasar, saya dan teman-teman kelas 1PA05 melakukan kunjungan ke Planetarium Jakarta Utara pada Rabu, 3 Mei 2017.

Di dalam planetarium terdapat pertunjukan tontonan yang terdapat fenomena alam dan luar angkasa. Tetapi karena alat yang digunakan sedang dalam perbaikkan, maka kami hanya mengunjungi museumnya saja. Di dalan museum terdapat berbagai pameran pajangan alat untuk meneliti ruang angkasa (seperti teropong, baju luar angkasa, berbagai jenis roket, dll), selain itu terdapat pula berbagai informasi situasi bumi maupun luar angkasa, dan juga benda-benda & replika yang terdapat luar angkasa.

1494300884010.jpg

Pada awal masuk museum terdapat berbagai informasi mengenai zodiak-zodiak

S__2318472.jpg

Pengertian Tata Surya

Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari (bintang), planet-planet, satelit alam, meteor, asteroid, dan komet yang berputar mengelilingi matahari (berevolusi). Matahari menjadi pusat tata surya karena semua benda langit berputar mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips. Dalam setiap revolusinya anggota tata surya pada suatu saat berada dekat dengan matahari. Titik terdekat dengan matahari disebet perihelium dan titik terjauh disebut aphelium. Semua benda langit dalam sistem tata surya berputar mengelilingi matahari karena matahari memiliki gaya gravitasi paling besar.

1494300878618

Anggota tata surya:

Matahari.

Matahari adalah bintang paling besar dan menjadi pusat tata surya. Jarak bumi ke matahari kira-kira 149.600.000 satuan astronomi (SA). Matahari berotasi pada sumbunya dengan arah rotasi dari barat ke timur. Periode rotasi matahari pada bagian equatornya adalah 34 hari, sedangkan pada bagian kutubnya memerlukan waktu sekitar 27 hari. Perbedaan rotasi tersebut dikarenakan matahari berbentuk gas, sehingga bagian equator dan kutubnya mempunyai gerak yang berbeda.
Matahari merupakan bola api yang suhu pada intinya sekitar 35 juta derajat celcius dan suhu pada bagian permukaannya 6000 derajat celcius.

Berikut gambar antara bumi dan matahari:

1494300846840

Planet- Planet

Planet adalah benda langit yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri. Cahaya planet merupakan pantulan dari cahaya matahari. Kedudukan planet-planet dengan bintang-bintang tidak tetap. Setiap planet mampunyai periode rotasi dan revolusi yang berbeda-beda. Planet dikelompokkan dalam dua kategori yaitu : planet dalam dan planet luar. Planet dalam yaitu merkurius, venus, bumi dan mars, sedangkan planet luar yaitu yupiter, saturnus, uranus dan neptunus.

  1. Satelit

Stelit adalah anggota tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada planet, berputar pada porosnya, beredar mengelilingi planet, kemudian bersama-sama dengan planet, berputar mengelilingi matahari. Satelit melakukan tiga gerakan,
yaitu berputar pada porosnya, berevolusi mengelilingi planet, dan berevolusi bersama planet mengelilingi matahari. Satelit ada dua macam yaitu :
a. Satelit alamiah yaitu satelit alamiah sudah ada dalam tata surya dan bukan buatan manusia. contoh satelit alam adalah bulan.
b. Satelit buatan yaitu satelit yang sengaja dibuat oleh manusia yang  memasuki ruang angkasa masuk ke orbit bumi, baik yang berawak maupun yang tidak berawak.
Satelit buatan berguna untuk :

  1. Komet

Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis.Komet berasal dari bahasa Yunani, yang artinya rambut panjang. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari matahari.Ketika mendekati matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor. Komet juga mengelilingi matahari, sehingga termasuk dalam sistem tata surya. Komet merupakan gas pijar dengan garis edar yang berbeda-beda. Panjang komet dapat mencapai jutaan km. Beberapa komet menempuh jarak lebih jauh di luar angkasadaripada planet. Komet membutuhkan ribuan tahun untuk menyelesaikan satu kali mengorbit matahari. Kita sering menyebut komet sebagai bintang berekor. Sebetulnya pernyataan bintang disini tidak tepat. Komet terbentuk dari es dan debu. Berdasarkan bentuk dan panjang lintasannya, komet dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  1. Komet berekor panjang, yaitu komet dengan garis lintasannya sangat jauh melalui daerah-daerah yang sangat dingin di angkasa sehingga berkesempatan menyerap gas-gas daerah yang dilaluinya.
  2. Komet berekor pendek, yaitu komet dengan garis lintasannya sangat pendek sehingga kurang memiliki kesempatan untuk menyerap gas di daerah yang dilaluinya. Ketika mendekati matahari, komet tersebut melepaskan gas yang sangat sedikit sehingga hanya membentuk koma dan ekor yang sangat pendek bahkan hampir tidak berekor.
  3. Asteroid

Asteroid adalah benda-benda angkasa yang berada dalam sebruk asteroid, yakni antara orbit Mars dan Jupiter. Ada dua teori asal mula asteroid:

  1. Asteroid berasal dari planet yang terletak di antara Mars dan Jupiter meledak karena efek gaya ganggu Jupiter dan membentuk asteroid-asteroid.
  2. Asteroid terbentuk pada awal terbentuknya tata surya terdapat gukup partikel di antara Mars dan Jupiter yang membentuk batu-batu berkelompok.
  3. Meteor dan Meteorid

Meteor adalah benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi yang pada saat menembus atmosfer terbakar sehingga timbul nyala yang terlihat dari bumi.

Situasi Bumi Pada Malam Hari

IMG20170503110718.jpg

Titik terang pada gambar ini bukan Bintang, namun merupakan cahaya dari kota-kota di Bumi kita yang terlihat dari satelit yang mengorbit.

Posisi cahaya berasal dari pencahayaan buatan yang dapat memberi efek buruk pada manusia, hewan, bahkan mengancam keselamatan publik, lingkungan dan perekonomian energi kita. Pencahayaan yang baik adalah mengarahkan cahaya (seperti lampu dsb) ke bawah, mencenggah cahaya silau ke mata dengan mengenai perisai atau tudung lampu, melakukan pencahayaan hanya bila diperlukan, dan tidak berlebihan pencahayaan.

IMG20170503110744.jpg

IMG20170503110756.jpg

Selain itu terdapat beberapa alat untuk meneliti alam semesta dan mengunjungi planet-planet

Baju astronot yang digunakkan untuk pergi ke planet lain seperti, bulan, mars, dll.

1494300786331.jpg

Ini salah satu roket yang digunakkan USA

IMG20170503114458.jpg

Berikut situasi persiapan untuk keluar angkasa dan suasana yang terdapat di bulan ketika mendarat

IMG20170503114623.jpgIMG20170503114720.jpg

Berikut beberapa foto saat kunjungan ke Planetarium Jakarta Utara

IMG20170503104413.jpgIMG20170503113254.jpg1494300872906.jpg1494300890430.jpg

=======================

TUGAS MATEMATIKA & ILMU ALAMIAH DASAR

Dosen Pembimbing : Nurul Huda

  • NAMA : ARINDA AYU LARASATI
  • NMP : 11516074
  • KELAS : 1PA05
Advertisements

Author:

@arindaalrst

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s